Terumbu karang ada di tangan kita


 

Sebagian besar wilayah di Indonesia adalah lautan. Hamparan laut yang luas membuat Indonesia mempunyai begitu banyak macam keunikan dan keindahan di bawah laut. Salah satunya yaitu Termbu Karang. Terumbu karang merupakan rumah bagi hewan-hewan laut dan mempunyai begitu banyak manfaat bagi kita semua. Adapun 3 type Terumbu Karang yaitu:
1.Terumbu karang Tepi
Biasanya terumbu karang Tepi terletak di sepanjang pantai dan di daerah laut yang berombak .
2.Terumbu karang Penghalang
Terumbu karang Penghalang biasanya berada di sejajar garis garis pantai atau berada di tengah laut.
3.Terumbu karang Atol
Terumbu karang Atol berbentuk seperti cincin. Indonesia mempunyai Atol terbesar di dunia urutan ke 3 yatu berada di Sulawesi Selatan.
Terumbu karang mempunyai bermacam-macam bentuk karang yaitu salah satunya “karang batu”. karang batu mempunyai struktur yang sangat kuat dan keras. Umumnya karang batu berada pada daerah perairan yang dangkal, mempunyai arus yang tidak kuat,terdapat pada dasar yang keras dan berada di tempat yang hangat (terkena sinar matahari), karang batu sangat memerlukan sinar matahari untuk proses pertumbuhannya. Karang batu menjadikan matahari sebagai sumber energi dan karang batu selalu tmbuh ke arah matahari yaitu sebelah timur laut.   

Pertumbuhan dan perkembangan terumbu karang adalah salah satu tugas kita semua. Kerusakan terumbu karang yang di sebabkan oleh tangan-tangan jahil kita tampaknya sudah tidak bisa terhindarkan lagi. Kerusakan karang biasanya akibat pemasangan bubu,limbah kapal,sampah,pengambilan karang secara paksa, menginjak karang dll. Padahal terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang harus terus dilindungi dan di jaga oleh kita semua dan harus selalu dilindungi kelestarian dan keindahannya. Tangan kita semua adalah penentu kehidupan kita selanjutnya. Jaga selalu terumbu karang kita jangan biarkan mereka punah begitu saja.



0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

KIM 5

KIM 5

Aira Dublin

Aira Dublin
my little princess

kegilaan bersama-sama

kegilaan bersama-sama
motret asal-asalan